Berburu Oleh-oleh Khas Bali

Berburu Oleh-oleh Khas Bali

Wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Bali tidak hanya menikmati obyek wisata dan kesenian tradisional, tetapi mereka juga memburu oleh-oleh ke sejumlah pusat oleh-oleh khas Bali, di antaranya "Oleh-Oleh Arjuna Gagapan Bali" di Batubulan, Kabupaten Gianyar.

"Saya berwisata ke Bali selain berkunjung ke obyek wisata, juga menyempatkan diri untuk berbelanja suvenir ke Arjuna Gagapan Bali yang harganya lebih murah dibanding toko lainnya dengan jenis barang yang sama," kata Mira Indayani, seorang wisatawan dari Jakarta, di Gianyar, Bali, Senin (2/1/2017).

Ia mengatakan di Bali cukup banyak toko pusat oleh-oleh khas Bali, namun soal harga cukup bersaing untuk barang yang jenisnya sama.

"Karena itu pembeli memang harus lebih teliti untuk mengunjungi pusat oleh-oleh di Bali. Bagi saya, di mana toko yang berani menjual harga lebih murah, maka saya akan ke sana untuk membelinya," ucapnya.

Sebagai konsumen, Mira berharap mendapatkan pelayanan yang memuaskan. "Di Bali, banyak pilihan untuk bisa berbelanja oleh-oleh khas Bali. Tentu harapan konsumen adalah harga murah dengan kualitas memuaskan," ujarnya.

Ia mengatakan belanja Rp 100.000 sudah dapat banyak aneka macam oleh-oleh untuk keluarga. Tidak pakai tawar-tawar karena harganya sudah murah.


Sementara itu, pemilik Toko Oleh-oleh Arjuna Gagapan Bali, Pande Nyoman Yudi Sutrisna mengatakan kunjungan wisatawan yang berbelanja puncaknya pada 31 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.

Menurut Pande, oleh-oleh khas Bali yang paling banyak dibeli wisatawan adalah "udeng" (ikat kepala) Bali, kemudian dompet, topi, sapu tangan ice cream dan berbagai oleh-oleh khas Bali lainnya.

"Di tempat ini kami memberi jaminan harga termurah, udeng Bali kami jual Rp 4.200, sarung pantai Rp 19 ribuan, di luar Rp 50 ribuan. Kami jamin di sini paling murah harganya untuk wilayah Bali," katanya.

Pande menambahkan, wisatawan yang datang ke tempatnya mengakui harga oleh-oleh yang dijual memang super murah jika dibandingkan di tempat lainnya di Bali.

0 komentar:

Posting Komentar