Mengenal Lebih Dekat Apa Saja Layanan Fintech di Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Apa Saja Layanan Fintech di Indonesia

Layanan fintech atau financial technology adalah suatu inovasi dalam jasa keuangan yang sedang tren di Indonesia. Sejauh ini, masyarakat lebih familiar dengan layanan pinjaman online jika ditanya apa saja layanan fintech di Indonesia, padahal layanan fintech lebih dari sekedar layanan pinjaman online. Yuk kenal lebih dekat mengenai layanan fintech di Indonesia, siapa tau ada beberapa layanan yang belum diketahui padahal sangat bermanfaat untuk memudahkan keuangan Anda.

Menurut keterangan dari Bank Indonesia, layanan fintech di Indonesia dapat dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :

1. Crowfunding 
Crowdfunding adalah suatu metode pembiayaan massal berbasis patungan melalui metode platform. Apakah anda pernah ditawari untuk memberikan sejumlah dana untuk sumbangan di suatu platform? Sebut saja kitabisa.com atau Wujudkan dan lainnya. Platform tersebut berfungsi sebagai media antara pemberi dana atau investor dan pencari modal yang biasanya digunakan untuk suatu proyek atau tujuan tertentu. 

2. Peer to Peer Lending
Saat ini kita bisa meminjam uang tidak hanya melalui bank, namun juga melalui layanan fintech yang satu ini. P2P Lending ini merupakan layanan pinjaman online yang sudah diawasi OJK untuk membantu beberapa UKM atau UMKM yang membutuhkan modal untuk bisnis atau untuk keperluan konsumtif. Sehingga layanan ini akan sangat membantu bagi Anda yang tidak memiliki rekening di bank

3. Payment Gateway 
Saat ini banyak sekali penggunaan e-money, e-wallet atau layanan uang elektronik lainnya untuk mempermudah aktifitas keuangan, misalnya untuk membayar tagihan listrik, membayar uang tol hingga uang transportasi publik. Layanan e-money atau e-wallet merupakan ini menjadi cikal bakal mengapa pemerintah cukup giat dalam menggalakkan pembayaran melalui uang elektronik, karena selain mudah juga bisa lebih cepat karena lebih praktis di bandingan pembayaran tunai.

4. Market Aggregator
Layanan ini mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, dalam kategori ini, fintech berperan sebagai pembanding produk keuangan dengan cara mengumpulkan data finansial sebagai referensi oleh pengguna. Misalnya, Anda ingin mencari produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan, maka Anda cukup memasukkan data finansial pribadi kedalam platform tersebut lalu akan ditampilkan produk asuransi mana yang paling sesuai.

Layanan fintech sebetulnya bisa dijadikan bisnis yang berpeluang karena pada dasarnya semua orang pasti membutuhkan jasa keuangan, sehingga jangan heran apabila saat ini sudah banyak startup di bidang fintech yang mulai menjamur di Indonesia. Saat ini bahkan sudah ada investor yang siap memberikan modal atau bantuan dana untuk membantu perkembangan bisnis startup Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar