Perkembangan Jasa SEO di Indonesia

Perkembangan Jasa SEO di Indonesia

Penggunaan jasa SEO di Indonesia sudah berkembang sejak pertama kali diperkenalkan. Dahulu sebelum terlalu populer, masih banyak yang menggunakan teknik-teknik SEO yang dilakukan secara tidak terstruktur pada situs web. Dewasa ini, cara-cara yang dirasa kurang cocok dan cenderung menjadi “sampah” ini diberikan penalti oleh mesin pencari.

Ada beberapa metode yang sudah berubah dan ditinggalkan demi kenyamanan pengguna dan pembaca (manusia). Kini mesin pencari menerapkan peraturan baru untuk Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari agar lebih efektif dan tidak meluber ke mana-mana ketika pengguna memasukkan kata kunci sehingga link yang bermunculan di laman mesin pencarian hanyalah situs-situs yang memang relevan.

Dahulu, masih ada teknik-teknik sebagai berikut:

Penggunaan Media Sosial yang Kurang Efektif
Tidak semua sosial media dapat meningkatkan visitor traffic. Hanya media-media yang relevan saja yang dapat digunakan sebagai media promosi. Maka, pastikan anda menggunakan sosial media yang tepat untuk promosi situs web anda sehingga tidak menjadi spam.

Promosi di Dalam Forum
Promosi melalui forum dinilai kurang efektif karena memakan waktu yang cukup banyak.

Memasukkan Situs Web ke Dalam Mesin Pencari
Dahulu cara ini dinilai cukup menjanjikan sebelum mesin pencari mengganti algoritmenya menjadi yang lebih baru sehingga sekarang sudah tidak lagi efektif.

Seiring perkembangan zaman dan pembaruan di setiap mesin pencari, maka ditemukan cara-cara baru yang lebih efektif dan menampilkan hasil yang lebih optimal.

1. Media Sosial
Memasukkan link ke dalam media sosial yang dimiliki dan relevan terhadap situs web yang berkaitan akan membantu perkembangan visitor traffic

2. Link Building
Dengan cara bertamu ke situs web orang lain dan meninggalkan jejak, diharapkan adanya backlink yang dapat mempengaruhi kunjungan situs web kita. 

3. Local SEO 
Cara kerja SEO lokal adalah dengan cara memfokuskan hasil pencarian berdasarkan lokasi pengguna. 

Dahulu juga beredar cara-cara SEO yang terdengar mudah dan cepat namun ternyata sekarang dianggap sebagai pelanggaran seperti teknik Black Hat SEO yang meliputi farming link, doorway pages, stuffing keyword, dan  invisible textMasih ada pengguna yang nakal menggabungkan teknik gelap tersebut dengan teknik SEO yang disarankan oleh mesin pencari yang dikenal dengan nama Grey Hat SEO.

Namun, nampaknya algoritme mesin pencari sekarang lebih pintar dan tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran tersebut. Bila sebuah situs ketahuan menggunakan teknik-teknik yang dilarang, mesin pencari akan memberikan penalti yang tidak tanggung-tanggung. Mulai dari pencarian yang tidak muncul secara langsung hingga penghilangan situs web secara permanen.

Saat ini, jasa SEO Indonesia sudah mengalami perkembangan yang signifikan dan sudah tidak banyak orang yang melakukan pelanggaran aturan SEO lagi demi keuntungan yang semu.

0 komentar:

Posting Komentar