Fakta Tentang Manfaat Mie Instan Bagi Tubuh

Fakta Tentang Manfaat Mie Instan Bagi Tubuh

Mie instan merupakan makanan yang paling lazim dikonsumsi. Cara membuatnya yang mudah dan harganya yang murah adalah beberapa alasan mengapa  makanan ini begitu digemari dan lazim dikonsumsi. Mie instan sangat populer di Indonesia, Semua orang dari berbagai kalangan pasti pernah menikmati makanan ini.

Walaupun mie instan sendiri seringkali dianggap sebagai makanan yang kurang bermanfaat. Hal itu disebabkan bahan dari makanan ini yang mayoritas adalah bahan-bahan kimiawi. Itulah mengapa makanan ini selalu dianjurkan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi. Walau begitu, mie instan rupanya memiliki sejumlah manfaat. Lalu, apa saja manfaat dari makanan berbahan dasar tepung terigu ini? Berikut ulasannya.

Makanan praktis yang bisa mengenyangkan
Walaupun tidak tahan lama, namun mie instan sangat bisa menjadi makanan alternatif untuk sekadar mengganjal perut dikala darurat. Dengan harganya hemat, makanan ini dapat membuatmu kenyang disaat lapar, sehingga tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Mie instan sebenarnya tidak berbahaya, asalkan kamu tahu takaran dan kapan waktu yang pas untuk mengonsumsinya.

Bisa menambah dan mengembalikan nafsu makan
Mie instan ini memang berbeda dan lebih spesial dari hidangan lain. Rasa nikmat yang dihasilkan dari bumbunya bisa memancing nafsu makanmu kembali tumbuh saat mengalami gangguan. Mie instan juga bisa menambah nafsu makan karena dengan mengonsumsinya akan membuat kamu cepat lapar kembali. Namun ingat, jangan sampai keterusan dalam mengonsumsinya, karena akan berefek kurang baik bagi tubuh.

Mengontrol berat badan
Rendahnya kalori yang ada pada mie instan, membuat pengonsumsinya lebih bisa mengontrol berat badan. Apabila kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada kalori yang digunakan, maka tubuh akan membakar cadangan kalori yang tersimpan dalam tubuh, sehingga berat badan perlahan akan turun. Akan tetapi karena kandungan serat dan protein dalam mie instan juga rendah, makanan ini bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai menu diet.

Menunjang kinerja tubuh
Selain menjadi tambahan asupan nutrisi, sekitar 13% zat besi yang terkandung dalam mie instan juga bisa meningkatkan kekuatan otot serta mengurangi kelelahan sehingga kinerja tubuh akan semakin baik dan berkualitas.

Pelengkap asupan nutrisi
Meskipun jumlahnya relatif rendah, namun mie instan tetap memiliki kandungan gizi unggulan seperti serat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, yang akan melengkapi pemenuhan asupan nutrisi tubuh. Namun nutrisi ini merupakan nutrisi mikro (kecil), sehingga untuk mendapat asupan yang maksimal, kamu bisa menambahkan banyak sayur atau kacang-kacangan saat menyantap mie instan.

Sumber energi selain nasi
Seperti kita ketahui bahwa mie instan memiliki kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun perlu diingat bahwa karbohidrat pada mie instan sifatnya tidak bertahan lama dan cukup kamu konsumsi sebagai pengganti nasi di saat mendesak saja.

Nah, itulah beberapa manfaat mie instan yang perlu kamu ketahui. Agar manfaat mi instan makin terasa, mi instan sebaiknya jangan asal diolah. Kamu harus mengolah makanan itu dengan sebaik-baiknya, sehingga kamu pun bisa merasakan manfaatnya. Adapun cara mengolah mi instan yang baik sendiri seperti :
  • Perhatikan Saran Penyajian di Dalam Bungkus Mi Instan
  • Tambahkanlah Sayur-Sayuran
  • Membuang Air Rebusan Pertama
Selama kamu bisa mengolahnya dengan benar dan mengonsumsinya secara wajar, maka kamu bisa mendapatkan manfaat dari makanan lezat satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar