Prospek Pekerjaan yang Hanya Diperuntukan untuk Mahasiswa Jurusan Sastra dan Bahasa Asing

Pekerjaan Jurusan Sastra dan Bahasa Asing

Banyak yang masih beranggapan bahwa lulusan jurusan sastra dan bahasa asing hanya bisa bekerja sebagai ahli bahasa saja ketika lulus. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Biasanya pekerjaan untuk jurusan sastra dan bahasa asing justru cenderung beraneka ragam dengan keterampilan yang memang hanya dimiliki oleh para mahasiswa lulusannya. 

Para lulusan sastra dan bahasa asing tidak hanya belajar mengenai bahasa saja, melainkan juga sekaligus memperdalam aspek-aspek di dalamnya, yang menjadikan salah satu kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh mahasiwa dari jurusan lain. Nah, bagi kamu yang saat ini masih mengenyam pendidikan di jurusan sastra dan bahasa asing dan bingung untuk menentukan karir kedepannya, yuk kita simak bersama-sama mengenai prospek pekerjaan yang hanya diperuntukan untuk mahasiswa jurusan sastra dan bahasa asing.

Pekerjaan Jurusan Sastra dan Bahasa Asing

1. Pengajar
Bisa dikatakan bahwa ketertarikan masyarakat Indonesia dalam mempelajari bahasa-bahasa baru membuat profesi pengajar bahasa asing sangat dibutuhkan. Selain menjadi pengajar di tempat kursus bahasa, kamu pun juga bisa melamar untuk menjadi dosen ataupun guru. Saat ini sudah banyak juga kok sekolah-sekolah yang mewajibkan para siswanya untuk mempelajari bahasa asing selain bahasa Indonesia, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, Jerman, Cina, dan masih banyak lagi. 

Berhubung permintaan dari hadirnya profesi pengajar bahasa asing kian meningkat dari waktu ke waktu, peluangmu pun untuk terjun ke dunia akademisi juga semakin terbuka lebar. 

2. Penerjemah
Sebagian besar orang-orang yang bekerja di dunia penerjemah ialah orang-orang yang berasal dari lulusan sastra dan bahasa asing. Hal tersebut dikarenakan para lulusan sastra dan bahasa asing cenderung lebih mengerti mengenai penataan bahasa yang baik dan benar. Walaupun mahasiswa dari jurusan lain memiliki kemungkinan untuk turut terjun di dunia penerjemahan, tetapi rata-rata lulusan sastra dan bahasa asing lah yang lebih diutamakan atau didahulukan. 

Profesi penerjemah itu sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu penerjemah dalam bentuk lisan dan penerjemah dalam bentuk tulisan. Penerjemah dalam bentuk lisan biasanya akan sangat dibutuhkan dalam menjaga komunikasi antar negara. Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan kedatangan tamu penting dari Jerman namun tidak ada satu orang pun dari perusahaan yang mengerti bahasa Jerman, maka kehadiran dari profesi penerjemah akan sangat dibutuhkan.

Contoh lainnya ketika ada seorang penyanyi asal Korea yang sedang berkunjung ke Indonesia untuk melaksanakan konser, maka biasanya akan terdapat penerjemah bahasa Korea yang akan membantu sang penyanyi untuk berkomunikasi kepada fansnya yang tengah menonton.  Sedangkan untuk penerjemah dalam bentuk tulisan, biasanya pekerjaan yang akan dilakukan seputar penerjemahan dokumen dan buku.

3. Tour Guide
Bagi yang ingin bekerja sambil berjalan-jalan, profesi sebagai tour guide bisa dijadikan sebagai pilihan. Biasanya, mahasiswa jurusan sastra tidak hanya mempelajari bahasa saja melainkan juga sekaligus mempelajari kultur dan tradisi dari negara yang mereka pilih. Sebagai contoh, jika kamu mengambil jurusan sastra Spanyol, maka kamu tidak hanya mempelajari bahasa Spanyol saja melainkan juga tradisi dan budaya dari masyarakat Spanyol itu sendiri, bukan?

Nah, profesi tour guide ini akan memberikanmu peluang untuk bisa berjalan-jalan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun lho, serupa dengan profesi pramugari atau pramugara. Wah, menyenangkan sekali ya. 

Belajar sastra dan bahasa asing memberikanmu kesempatan yang hampir sama layaknya lulusan pariwisata, yaitu dapat berjalan-jalan sekaligus bekerja secara bersamaan. Dikarenakan banyaknya ilmu-ilmu yang hanya dipelajari oleh mahasiswa sastra namun tidak dipelajari oleh mahasiswa dari jurusan lain, prospek pekerjaan jurusan sastra dan bahasa asing pun cenderung terbuka lebih lebar, dan tentunya hal ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri. 

Jadi, beruntunglah kamu yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di jurusan sastra dan bahasa asing, berbagai profesi-profesi keren sudah menantimu. Profesi yang kamu inginkan belum disebutkan diatas? Jangan khawatir! Yuk ketahui lebih banyak lagi mengenai profesi impianmu di https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/

0 komentar:

Posting Komentar