Sebelum Berniat Umroh, Yuk Simak Cara Tepat Mengumpulkan Uangnya

Cara Tepat Mengumpulkan Uang untuk Umroh

Berkunjung ke rumah Allah SWT (Baitullah) sejatinya adalah impian yang dimiliki seluruh umat Muslim. Namun karena keterbatasan biaya, sebagian orang lebih memilih melakukan ibadah umroh ketimbang haji. Tak hanya biaya saja, antrian keberangkatan yang cukup panjang menjadi faktor pertimbangan masyarakat. Umroh atau haji kecil selalu dijadikan pilihan utama bagi mereka yang terkendala biaya ataupun tidak ingin menunggu antrian terlalu lama. Kalau kamu berniat melakukan ibadah umroh namun masih terkendala biaya, kamu bisa memulai mengumpulkan dananya perlahan-lahan dari sekarang. Nah berikut cara yang harus kamu lakukan!

1. Tentukan paket umroh 
Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menabung adalah menentukan paket umroh dan agen perjalanan. Sehingga nantinya kamu sudah bisa memperkirakan berapa kisaran dana yang kamu perlukan untuk berangkat umroh dan biaya-biaya lainnya diluar dari ibadah. Pilihlah paket sesuai dengan kondisi keuangan dan kemampuan. 

Selain itu, usahakan pula untuk tidak mengambil jadwal ibadah di bulan Juni, Juli, Agustus, musim liburan, musim haji, dan menjelang bulan Ramadhan. Karena sekitaran bulan tersebut, harga biasanya melambung tinggi yang akan membuat kamu semakin sulit untuk menabung.

2. Menargetkan jumlah dana 
Selanjutnya, kamu bisa mulai menabung dan menargetkan setiap bulannya berapa dana yang harus terkumpul. Sisihkan sebagian uang setiap harinya dengan target misal Rp 100 ribu keatas. Selama menabung, kamu harus bisa menahan nafsu untuk membeli barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. 
Tidak hanya menabung dalam bentuk uang loh, kamu juga bisa melakukan investasi emas yang harganya cenderung stabil bahkan naik di pasaran. Setelah dana terkumpul, lakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu pada agen perjalanan yang dituju, biasanya besaran dana untuk tiap agen berbeda-beda kisaran Rp 5 juta hingga Rp 10 juta keatas. 

3. Buat catatan pengeluaran dan tentukan prioritas
Sebagian orang pasti pernah merasakan uang yang dimiliki tiba-tiba cepat habis dan lupa dipakai untuk apa saja uang tersebut. Kalau sudah pernah merasakan seperti itu, sebaiknya kamu mulai mencatat semua pengeluaran sehari-hari atau memanfaatkan aplikasi pengelola keuangan. Beragam aplikasi tersebut menyediakan fasilitas seperti catatan pengeluaran harian dan catatan pemasukan. Selain itu, kamu juga harus membuat catatan kebutuhan yang menjadi prioritas kamu setiap bulannya. Jangan sampai membeli sesuatu diluar skala prioritas yang sudah dibuat, kecuali jika kamu berada dalam kondisi mendesak dan membutuhkan barang tersebut. 

Biaya Umroh 2019

Saat ini banyak agen perjalanan Haji dan Umroh yang menyediakan beragam paket dengan harga berbeda-beda pula. Salah satunya paket umroh hemat transit dengan harga promo mulai dari Rp 18 juta keatas. Paket promo ini biasanya menyediakan fasilitas menarik seperti tiket pesawat PP kelas ekonomi, akomodasi dan transportasi sesuai program, makan tiga kali sehari dan sudah termasuk bimbingan manasik serta biaya visa umroh. 

Ada pula paket reguler yang tersedia dengan kisaran harga Rp 25 juta hingga Rp 30 juta keatas dab mendapatkan fasilitas menginap di hotel berbintang empat. Biasanya paket umroh yang mencapai harga Rp 25 juta keatas itu sudah termasuk liburan setelah selesai menjalankan ibadah umroh, seperti mengunjungi Turki, Dubai serta Kairo. 

Sayangnya setiap agen perjalanan yang menyediakan paket ibadah umroh tidak termasuk asuransi perjalanan, biaya visa progresif, biaya pembuatan paspor, dan pajak. Jadi memang ada baiknya kamu memilih paket ibadah umroh yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu ya. Informasi lainnya mengenai paket ibadah umroh bisa kamu cek juga melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/berniat-umroh-cari-tahu-biaya-dan-tips-mengumpulkan-uangnya/

0 komentar:

Posting Komentar