Tak Cuma Soal Komputer, Ini Rekomendasi Pekerjaan Jurusan IT Buat Kamu yang Punya Passion Lain!

Pekerjaan jurusan IT

Mencari pekerjaan setelah lulus dari bangku kuliah memang terbilang gampang-gampang susah. Sebagai lulusan baru atau fresh graduate, kita dihadapkan oleh ketatnya persaingan dan perbandingan kemampuan serta keahlian dengan sumber daya manusia lain. Apalagi di era yang penuh kemajuan saat ini. Banyak pekerjaan yang tersedia, termasuk pekerjaan jurusan IT (Teknologi Informasi). Namun anda harus menyesuaikannya dengan kemampuan dan ilmu yang diperoleh dari jurusan kuliah yang pernah anda tempuh. 

Bekerja sesuai passion atau hasrat yang diinginkan memang menjadi idaman semua orang. Bagaimana tidak, pekerjaan yang ditekuni sesuai passion akan membuat anda lebih senang menjalaninya meskipun terdapat kesulitan dalam pengerjaannya. Pekerjaan jurusan IT pun demikian, tetapi bukan berarti anda harus bekerja dengan profesi umum untuk jurusan kuliah anda. Sebab anda bisa bekerja sesuai passion dan hobi anda meskipun anda merupakan lulusan jurusan IT. 

Mengenal Jurusan IT Lebih Jauh
Mungkin ada pula sebagian dari anda yang baru berniat masuk jurusan IT dan ingin mencari tahu pekerjaan jurusan IT apa yang cocok untuk karakter dan passion anda. Oleh karenanya, sebelum mengetahui tentang pekerjaan jurusan IT, ada baiknya kita mengenal lebih jauh terkait jurusan ini. Jurusan Teknik Informatika adalah program studi yang mempelajari ilmu komputer, analisa matematis desain, pengembangan, pengujian dan evaluasi perangkat lunak, serta sistem operasi dan sistem kerja komputer. 

Selain mempelajari hal-hal di atas, anda juga diasah untuk mengeluarkan ide kreatif dalam pengembangan perangkat lunak, mengatasi masalah terkait hal tersebut, dan memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik. Jurusan ini cocok untuk mereka yang menyukai logika dan matematika. Karena proses belajarnya akan dekat dengan pemrograman yang melibatkan algoritma (logika dan matematika). Selain itu, mahasiswa jurusan IT belajar banyak tentang analisa dan riset pada suatu program perangkat lunak. Mulai dari bagaimana membuat, memelihara sistem, mencari solusi atas suatu masalah dalam pemrograman, serta memikirkan keamanan sebuah sistem.


Rekomendasi Pekerjaan Jurusan IT 
Saat ini, bekerja dalam sebuah bidang memang tidak selamanya terpaku pada jurusan kuliah. Ada banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang ditempuh, namun mereka nyaman dengan pekerjaan itu. Jika berbicara mengenai pekerjaan jurusan IT, mungkin anda akan memikirkan pekerjaan yang hanya berkisar pada komputer dan perangkat lunaknya. Seperti Software Engineer dan Programmer. Tapi, jika anda tak begitu mengharapkan profesi itu, mungkin anda bisa memikirkan beberapa pekerjaan jurusan IT berikut ini. 

SEO Specialist
Search Engine Optimization Specialist atau SEO Specialist adalah profesi yang bertugas untuk mengopimalkan halaman pada sebuah situs di mesin telusur. Posisi ini sangat berpengaruh pada kesuksesan traffic sebuah situs, dimana jika situs tersebut memiliki traffic yang tinggi akan mencapai tujuan (goal) khusus yang menguntungkan. 

Pekerjaan jurusan IT ini cocok untuk kamu yang merupakan lulusan jurusan IT yang memiliki passion di bidang analisa dan hubungan sosial. Sebab seorang SEO Specialist diwajibkan untuk bisa menganalisa kondisi tren pada mesin telusur seperti Google, dan juga menjalin hubungan dengan komunitas SEO guna menyelesaikan pekerjaannya itu.

UX Writer
Untuk anda yang lulusan jurusan IT namun hobi menulis, profesi UX writer sangat direkomendasikan. Profesi ini bertugas untuk mendesain kata-kata yang dilihat orang saat pengguna berinteraksi dengan produk pada sebuah situs atau perangkat lunak, merancang percakapan yang baik antara produk dan penggunanya. Di perusahaan e-commerce dan start up, lowongan pekerjaan ini pasti sangat dibutuhkan.

Dengan memahami cara pengembangan perangkat lunak serta kemampuan menulis yang mumpuni, akan menjadi kekuatan anda untuk berpeluang lolos dalam seleksi kerja di posisi ini. Tidak ada salahnya jika anda mencoba.

Reporter Teknologi
Jika anda juga ingin berkecimpung di dunia jurnalistik, anda bisa melamar pekerjaan jurusan IT sebagai Reporter Teknologi. Ya, kebutuhan publik mengenai informasi perkembangan teknologi sangat dibutuhkan lewat media. Sayangnya, tak semua orang memahami bidang tersebut dan mampu menekuni pekerjaan ini. 

Maka dari itu, pekerjaan ini lebih mantap jika diberikan kepada lulusan jurusan IT. Tak hanya bisa menekuni hobi menulis, anda juga bisa mengasah kemampuan melaporkan sebuah kejadian kepada khalayak melalui profesi ini.
Selain itu, ada pula pekerjaan jurusan IT lainnya yang bisa and abaca di link artikel berikut ini:

0 komentar:

Posting Komentar