Bukan Programming, Kadin Setuju Ini 5 Skill Agar Sukses di Tahun 2020

Skill Agar Sukses di Tahun 2020

Gelora Indonesia maju melalui SDM unggul yang dicanangkan pemerintah mendapat dukungan dari banyak pihak. Kadin sebagai wadah para pengusaha pun setuju bahwa skill agar sukses perlu dilatih.

Skill adalah kecakapan seseorang dalam melakukan sesuatu. Kecakapan ini diperoleh dari usaha yang disengaja, sistematis, dan berkesinambungan. Ia juga melibatkan penggunaan ide-ide, keterampilan teknis, dan kerjasama.

Pendapat Umum tentang Skill Millenial

Masih banyak yang mengira bahwa untuk sukses di era milenial, seseorang harus memiliki skill yang terkait dengan dunia digital. Sebut saja seperti: programming, editing video, animasi, dan sebagainya.

Skill-skill tersebut lebih dikenal sebagai hard skill alias keterampilan teknis. Dan ternyata, pendapat tersebut tidaklah akurat. Pengaruh hard skill hanyalah 20% dibandingkan soft skill yang mencapai 80%.

Berikut ini adalah skill agar sukses di tahun 2020 yang wajib kamu, para milenial, miliki.

Skill Manajemen
Manajemen merujuk kepada kemampuan untuk mengatur sumber daya yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan seoptimal mungkin.

Ada 3 hal dalam skill manajemen yang perlu diatur dengan baik, yaitu:
  1. Manajemen Waktu; disiplin telah sejak lama dipercaya sebagai kunci kesuksesan. Dalam hal penggunaan waktu, disiplin akan sangat menentukan progress diri atau proyek yang sedang dijalankan.
  2. Manajemen Ego; sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kemampuan menunda kenikmatan memperbesar kemungkinan sukses di masa depan. Itulah kenapa memahami diri sendiri termasuk satu bentuk kecerdasan.
  3. Manajemen SDM; mengenali potensi SDM dan menempatkannya dengan baik akan sangat mendukung kesuksesan. Perusahaan yang dapat menempatkan the right man on the right place akan bekerja secara produktif dan efektif.

Public Speaking
Skill public speaking tak berarti harus jago berpidato dan menjadi singa podium, tapi lebih ke kemampuan mengomunikasikan ide dan gagasan.

Keuntungan memiliki skill public speaking yang baik adalah meningkatnya kepercayaan terhadap diri sendiri, baik dari pribadi maupun orang lain.

Kepercayaan yang tinggi menjadi modal mudahnya informasi yang kamu berikan dapat sampai dan dipercaya oleh orang lain. Public speaking skill dapat menjadi modal untuk personal branding yang kuat.

Thinking and Writing
Jangan anggap remeh skill berpikir ini. Meskipun ada banyak yang menghabiskan sekolah bertahun-tahun, belum tentu dapat membangun skill thinking dengan baik.

Skill thinking merujuk kepada kemampuan dalam mendayagunakan intelektualitasnya untuk memecahkan masalah.

Ada 2 pembagian skill agar sukses ini agar dapat dipahami dengan baik.
  1. Skill Logical Thinking; kemampuan berpikir secara logis, runtut, dan sistematis. Ini penting dalam memilih dan menyeleksi info, menganalisa, serta membuat keputusan.
  2. Skill Creative Thinking; kemampuan berpikir kreatif, lateral, dan induktif. Ini penting untuk menghasilkan ide, gagasan, atau jalan keluar yang out of the box.

Writing skill yang dimaksud bukanlah tentang tata bahasa, melainkan kemampuan mengkomunikasikan pemikiran secara runut, logis, dan sistematis. Ini sama pentingnya dengan public speaking skill yang sudah dibahas.

Networking
Seperti artinya, networking skill memang bermakna kemampuan untuk membangun jejaring sosial. Orang dengan skill networking yang hebat bisa disebut sebagai memiliki kecerdasan interpersonal yang baik.

Networking akan sangat penting di tahun 2020, mengingat tren kolaborasi akan semakin berkembang dibanding kompetisi. Akan ada banyak co-project, co-working, dan co-team di masa depan.

Positive Attitude
Sikap positif merujuk kepada kemampuan untuk merasa, berpikir, dan bereaksi secara positif terhadap setiap hal yang terjadi.

Skill ini tidak hanya berpengaruh kepada peningkatan kualitas diri, tetapi juga pada pandangan orang lain mengenai diri kamu. Sikap positif juga akan menjaga kamu untuk tetap bertumbuh dan tidak cepat berpuas diri atau berputus asa.

Skill agar sukses di atas sangat dibutuhkan oleh setiap orang, apalagi pengusaha yang terhimpun dalam Kadin Indonesia. Oleh karena itu, para milenial perlu melatih skill-skill tersebut sejak dini.

0 komentar:

Posting Komentar